Kamis, 29 Maret 2012

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Mencegah Infeksi Saluran Kemih / Kencing


Infeksi Saluran Kencing (ISK) atau disebut juga Infeksi Saluran Kemih sering ditemukan pada beberapa orang. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran kemih. Walaupun terdiri dari berbagai cairan, garam, dan produk buangan, biasanya urin tidak mengandung bakteri. Jika bakteri menuju kandung kemih atau ginjal dan berkembang biak dalam urin, terjadilah ISK.
Jenis ISK yang paling umum adalah infeksi kandung kemih yang sering juga disebut sebagai sistitis. Gejala yang dapat timbul dari ISK yaitu perasaan tidak enak berkemih (disuria, Jawa: anyang-anyangen). Tidak semua ISK menimbulkan gejala, ISK yang tidak menimbulkan gejala disebut sebagai ISK asimtomatis.
Sebetulnya penyakit ini tidak terlalu serius dan mudah untuk diatasi. Menjaga pola hidup sehat adalah kuncinya.

Air Putih

Air putih adalah senjata paling ampuh melawan Infeksi Saluran Kencing. Minumlah sedikitnya 10 gelas air putih setiap harinya. Jika anda pekerja keras dan mengeluarkan banyak keringat, tingkatkan konsumsi air putih anda.

Jangan Menunda

Jangan menunda buang air kecil jika telah tiba waktunya. Menahan kencing akan memberikan kesempatan infeksi semakin berkembang. Jika bepergian, carilah toilet yang bersih.

Jus Jeruk

Jus jeruk akan meningkatkan keasaman pada air kencing sehingga dapat menghambat berkembangnya infeksi.

Pakaian Dalam

Untuk orang yang sangat mudah terjangkit ISK, disarankan menggunakan pakaian dalam yang berbahan katun sehingga udara mudah mengalir dan bakteri sulit bertahan. Jangan lupa untuk selalu menajga kebersihan pakaian dalam.

Hubungan seksual

Untuk orang yang sangat mudah terjangkit ISK, disarankan untuk buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seksual.

Jagalah Kebersihan Organ Intim

Mandilah setiap hari dan jagalah kebersihan organ intim dengan memilih produk yang tepat.
Selain tips-tips di atas, sebaiknya anda juga ber-konsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites